Ciri-Ciri : Ayam Birma Super

Ayam Birma Super

Seperti yang sudah kita ketahui ayam aduan memiliki banyak jenisnya, salah satunya adalah ayam birma. Banyak dari penghobinya yang mencari jenis ayam aduan ini karena memiliki gaya bertarung yang sangat cocok untuk pertarungan 1 lawan 1, jadi banyak penghobi yang rela menghabiskan uang sampai berjuta-juta untuk bisa mendapatkan ayam aduan birma super, kami disini ingin memberikan beberapa ciri dari jenis ayam birma ini agar kalian yang membacanya bisa mengetahui dan juga tidak salah dalam memilih.

Ada beberapa jenis ayam birma yang tersebar di dunia, baik yang asli maupun ayam birma hasil persilangan. Ayam birma campuran (silangan) mempunyai ciri fisik yang hampir mirip dengan ayam birma asli. Untuk membedakan ayam birma asli atau campuran dapat dilihat dari fisik serta gaya bertarungnya. Pada dasarnya Ayam Birma ini memiliki ukuran badan yang realtif kecil dibandingkan dengan ayam aduan lainnya. Yakni berkisar antara 2 sampai 2.5 kg saja.

Ayam Birma Super

Bentuk wajah ayam ini terlihat tajam , paruh pendek bergaris dan kuat. Bentuk telinga lebih besar dan paruh lebih kecil bila dibandingkan dengan ayam Bangkok. Ada beberapa jenis yang kelihatan seperti mempunyai jenggot tipis dibawah paruhnya. Jengger yang tegap dan menghadap ke atas layaknya sebuah mahkota serta telinga dan kepel terlihat menggelambir dan sangat mencolok. Bentuk kepala juga lebih kecil jika dibandingakan dengan ayam aduan lainnya seperti ayam bangkok.

Ayam birma juga memiliki tulangan yang relatif tipis dan hal itu berbeda dengan tulangan yang di miliki oleh ayam aduan lainnya seperti halnya ayam bangkok maupun saigon keduanya memiliki tulangan yang tebal dan kuat. Namun di balik tulangan yang tipis dan ringan tersebut ayam mempunyai pukulan cepat dan berakurat. Hal itu tentunya membingungkan sekali karena tulangan dalam peraduan ayam merupakan aspek terpenting yang harus dipenuhi oleh ayam seekor ayam aduan karena pertahanan, kekokohan dan ketangguhan ayam aduan terletak pada tulangan ayam yang di milikinya.

Bentuk kaki juga lebih kecil jika dibandingkan dengan ayam aduan lain. Jika ayam bangkok memiliki jari-jari kaki yang panjang lantas berbeda pula dengan ayam birma, ayam birma memiliki jari kaki yang kecil dan agak pendek. Untuk menyamakan kaki ayam birma lebih mirip dengan ayam lokal indonesia atau ayam kampung. Kemudian untuk menukur kualitas ayam birma juga masih sama dengan ayam bangkok yaitu menggunakan primbon atau katurangan sisik.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan tentang ciri ayam birma super, semoga bisa membantu kalian para penghobinya untuk mendapatkan jenis ayam aduan yang cocok dan bisa memenangkan adu ayam s128 yang sedang kalian ikuti, terimakasih telah berkunjung.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *