Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengenalan Ayam Bangkok Birma : Ciri, Gaya Tarung dan Keunggulannya

Sabung Ayam

Para penghobi ayam aduan diseluruh indonesia sudah tergolong banyak dan bermacam-macam jenis ayam aduan yang disukai mereka. Namun untuk jenis ayam yang paling populer saat ini adalah jenis ayam bangkok birma yang memiliki gaya bertarung serta postur tubuh yang sangat cocok untuk dipertandingkan. Ayam bangkok birma ini sendiri awalnya berasal dari negara myanmar yang di-import kenegara indonesia dan banyak dari penghobinya yang menggunakan jenis ayam ini untuk dipertarungkan.

Ayam Bangkok Birma

Kami akan mengulas semua keunggulan, ciri ayam bangkok birma, dan keunikan gaya bertarung yang dimiliki oleh jenis ayam ini. Seperti yang kita ketahui ayam bangkok memiliki daya tahan tubuh yang sangat tebal serta memiliki bobot pukulan yang sangat kuat ( tentunya diawali dari pemberian nutrisi dan latihan yang rutin ). Ayam bangkok birma ini umumnya memiliki pukulan yang mematikan serta akurasi yang patut dipuji oleh penghobi ayam aduan diseluruh dunia.

Untuk kalian yang sudah lama berkecumbung dalam dunia peraduan ayam ini pastinya sudah pernah melihat bentuk asli dari ayam bangkok birma, baik itu ciri khas dan keunggulannya, namun untuk yang baru masuk dan ikut bergabung kedalam dunia ayam masih banyak yang belum mengetahuinya, kami akan mengulasnya secara lengkap pada artikel ini.

Ciri Ayam Bangkok Birma

  1. Postur tubuh dan ukurannya dominan kecil, kalau dibandingkan dengan ayam bangkok asli atau pakhoy pasti lebih kecil ayam bangkok birma ini.
  2. Pada umumnya berat badan ayam bangkok birma yang asli ( dewasa ) bisa mencapai antara 2.0 kg sampai dengan 2.5kg.
  3. Bentuk tulang yang dimiliki ayam bangkok birma dominan kecil ( ini yang menjadi salah satu kelemahan dari ayam bangkok birma ) Dikarenakan hal tersebut biasanya ayam jenis ini bisa diadu ketika sudah berumur 12 – 15 bulan.
  4. Memiliki paruh yang tajam dalam garis lurus dan memiliki bola mata yang besar ( melotot ).
  5. Jenggernya biasa berbentuk mirip bantam ular, tanduk ular atau mirip seperti cabai rawit.
  6. Bulu pada bagian sayap dominan tebal dan panjang, sedangkan bentuk tajinya mengirim.
  7. Pada bagian kakinya memiliki sisik yang kecil dan penuh, biasanya ini menandakan jikalau ayam tersebut memiliki pukulan yang akurat.

Gaya Bertarung Ayam Birma

Walaupun bentuk fisiknya terlihat kecil, tapi ayam bangkok birma memiliki gaya bertarung yang sangat unik, banyak yang mengatakan jika nama gaya bertarung ayam ini adalah gaya elit diplomatik. Mengapa disebut seperti itu? karena biasanya ayam bangkok  birma tidak bertarung berhadapan melainkan mencari sisi kelemahan lawannya dengan menggunakan beberapa cara yang cerdik, dibawah ini akan kami ulas tentang teknik tarung ayam birma.

  • Ayam birma akan bergerak secara terus menerus sampai kesempatan untuk memukul lawan tandingnya tiba, dengan lincah akan mengelak serangan lawan lalu memberikan serangan balik.
  • Biasanya jika lawan tandingnya memberikan celah untuk ayam birma menyerang, tanpa harus berfikir lama lagi ayam birma akan langsung menyerang dengan cepar.
  • Pukulan yang diberikan oleh ayam birma biasanya pas kena pada titik lemah sang lawan dan membuat k.o jadi jangan bingung jika ayam yang memiliki postur tubuh kecil ini bisa membuat ayam yang lebih besar tumbang dengan cepat.
  • Biasanya ayam birma mengincar bagian sensitif lawan seperti mata dan telinga lawan, karena jika pas terkena serangan itu lawan akan tidak bisa melanjutkan pertandingannya lagi.
  • Biasanya ayam birma memutari lawannya sampai lawan lengah dari pertahanannya.

Kelebihan Ayam Birma

Untuk ayam jenis ini memiliki kelebihan yang banyak disenangi oleh penghobi ayam aduan diseluruh indonesia, berikut kelebihan yang dimiliki oleh ayam ini.

  1. Memiliki pukulan yang akurat.
  2. Gerakan yang lincah.
  3. Memiliki gaya bertarung yang cerdik.
  4. Mempunyai bobot pukulan yang keras.
  5. Pertahanan atau gaya bertahan yang kuat.

Kami rasa sekian saja pertemuan kita kali ini yang membahas tentang Ayam Bangkok Birma semoga bisa bermanfaat bagi bebotoh diseluruh indonesia, terimakasih telah berkunjung.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *