Perawatan Tepat Pada Ayam Bangkok Seusai Diadu

Adu Ayam

Setelah ayam bangkok diadu, pada umumnya pasti memiliki beberapa luka atau memar akibat terkena serangan dari lawan, baik ayam tersebut menang atau kalah, kalian harus mengobatinya segera, jika tidak diobati maka ayam aduan kalian bukannya bisa melanjutkan pertarungan lain malah yang lebih parah lagi terinfeksi oleh bakteri yang masuk dari luka yang dialami sang ayam yang baru saja selesai bertanding tadi, bagi yang menhobikan ayam bangkok pastinya menginginkan ayamnya memiliki tenaga serta stamina yang fit agar bisa membantu juragannya mencari nafkah lagi hehe.

Perawatan Ayam Bangkok Seusai Tanding

Segera lakukan perawatan dan penanganan yang tepat kepada ayam aduan kalian agar bisa cepat kembali ceria dan semangat. Perhatikanlah cidera yang dialami sang ayam baik itu luka yang besar atau kecil, memar atau tidak dan masih banyak lagi hal yang harus kalian perhatikan agar ayam kembali seperti semula. Dibawah ini akan kemi berikan beberapa tips untuk merawat sang jagoan setelah selesai bertanding agar bisa kembali bertanding dikompetisi lainnya.

  1. Mengobati Luka
    Pada bagian kepala, leher dan sayap adalah bagian yang sering di-incar oleh setiap ayam bangkok, jadi perhatikan pada ketiga bagian tersebut apakah ada luka atau memar. Segera bersihkan luka menggunakan air bersih dan memberikannya obat merah yang biasa disebutkan dengan betadine, jika bisa biarkan dulu sampai lukanya kering baru kasih sang ayam untuk bergerak bebas. Jika mungkin perbanlah luka agar lebih cepat untuk mengering dan menjadi daging kembali.
  2. Mengambalikan Nafas
    Biasanya selain dari luka yang terlihat pada bagian badan ayam bangkok, biasanya pernafasan pada ayam kita akan terganggu terutama ayam yang diserang pas pada bagian dadanya. Pada umumnya ayam yang terserang itu akan sulit untuk mengendalikan nafasnya. Bukan hanya dari serangan saja, namun jika ayam kelelahan juga susah untuk mengendalikan pernafasannya. Jadi untuk menghindari infeksi bakteri yang bisa menyerang sang ayam sehingga menjadikan ayam ngorok, ayam bangkok harus segera diberikan antibiotik yang dimana bisa melancarkan saluran pernafasan pada ayam kita, contohnya antibiotik teramsin atau trimsin. Banyak dari penghobi yang baru terjun kedalam dunia ayam aduan mengabaikan hal ini, jadi mulau sekarang coba lebih diperhatikan.
  3. Pulihkan Stamina
    Stamina yang sudah terkuras pada saat duel itu perlu untuk dipulihkan kembali, untuk pemulihan stamina ini sendiri kalian bisa menggunakan jamu suplemen dimana jamu yang bisa memulihkan stamina terdapat banyak macamnya, namun saran dari kami lebih bagus jika membuatnya sendiri dengan menggunakan kencur basah, beras, telur bebek, madu dan gula aren.

Setelah kalian memberikan jamu tersebut, kalian bisa memandikan ayam bangkok kalian dengan menggunakan air dari rebusan daun sirih serta jahe dimana ini berkhasiat untuk melenturkan kembali otot yang sudah kaku. Sebisa mungkin untuk memandikan sang ayam menggunakan air hangat terutama sampai luka yang sudah kering tadi mengelupas, setelah itu dilakukan sampai 2 / 3 hari, rawatlah ayam adu seperti biasa. Untuk masa pemulihan usahakan untuk tidak memberikan kegiatan berat dan sebisa mungkin menjauhkan ayam kalian dari ayam lainnya agar tidak terjadi duel.

Kami rasa sudah cukup sampai disini saja pengetahuan mengenai cara merawat ayam bangkok seusai bertarung, besar harapan dari kami agar ayam bangkok kalian bisa segar bugar seperti sediakala dan bisa kembali bertarung dalam ring. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung diblog kami.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *